Langkah-langkah

Langkah-langkah kecil

Langkah-langkah besar

Setiap orang memiliki pilihan dalam melangkah

Dan mereka bebas menentukan

Karna tidak ada langkah yang sama

Selalu ada  perbedaan

Dalam arti dan juga makna…

Kebanyakan seseorang melangkahkan kakinya sedikit demi sedikit dengan langkah kecilnya. Langkah kecil itu biasanya hanya dimiliki oleh orang-orang kalangan biasa yang hanya bisa berjalan sedikit demi sedikit untuk mencapai tujuannya, jadi jelas lah kebanyakan orang mempunyai langkah kecil. Langkah kecil sangatlah berbeda dengan langkah besar, karna langkah besar itu istemewa, mereka tidak harus berjalan sedikit-demi sedikit seperti seekor siput.

Sebagai pemilik langkah kecil yang terkadang terlewatkan dan terinjak oleh langkah besar, aku diharuskan memiliki rasa sabar yang sangat-sangat tinggi. Apalagi jika kulihat mereka berjalan dengan jauh hanya dengan 1-2 kali melangkah, aku merasa iri dan benci, terlintas dipikiran ku sebuah pertanyaan?

“Kenapa aku memiliki langkah yang kecil ini dan Kenapa aku harus melangkah seribu kali untuk mengejar si Langkah besar ?,”.

Saat memikirkan hal ini, aku merasa bahwa dunia ini sedikit curang dalam beberapa hal, tapi pikiran ini harus dihapuskan karna aku harus percaya bahwa tuhan maha adil atas segalanya dan ada hal baik dari semua ini.

Langkah besar adalah orang-orang yang memiliki kelebihan sejak lahir, orang-orang yang memiliki Bakat, dan orang-orang yang tak perlu berusaha untuk menggapai keindahan di dunia. Sebagai langkah kecil terkadang aku iri terhadap mereka, terlebih jika aku melihat kehidupan yang mereka jalani. Dalam hati aku berkata

“Kenapa mereka, kenapa bukan aku? Aku ingin seperti Mereka,”

Sangatlah sempurna saat aku melihat kehidupan mereka, tapi sesaat aku termenung dan teringat sebuah Kutipan “Bahwa tak ada yang sempurna di dunia ini”. memikirkan hal ini membuat ku bertanya-tanya “Apa benar, aku akan bahagia jika memiliki langkah yang besar?,”. mencari jawaban pertanyaan seperti ini tak akan pernah selesai di kepalaku, sampai pagi pun menjemput ku untuk berhenti memikirkannya.

Lambat laun pertanyaan itu pun akhirnya terjawab,  ketika aku tau ternyata di dunia ini tidak hanya ada Langkah kecil dan langkah besar. Aku menyadarinya saat melihat mereka, “Langkah Tak Bertuan,”. Langkah tak bertuan adalah orang-orang yang tak bisa melangkah, tak mau melangkah lagi dan lupa bagaimana cara untuk melangkah atau bisa dikatakan mungkin orang yang kurang beruntung. Saat melihat mereka aku tau, mereka punya tatapan itu. Tatapan yang sama saat aku memperhatikan si langkah besar. Mereka iri, mereka ingin seperti aku, dan yang lebih penting mereka ingin aku untuk menolongnya. Aku merasakan hal itu saat melihat mereka, terkadang aku membantunya sebisaku sambil berharap itu dapat membantu untuk memulai sebuah langkah kecil.

Setelah menyadari kehadiran “Langkah Tak Bertuan”, aku sadar ada hal-hal yang bisa ku syukuri karena memiliki langkah kecil. Aku memang tak melangkah seperti Langkah Besar, tapi dengan melangkah kecil, aku bisa memperhatikan sekelilingku saat aku melangkahkan langkah kecilku. Terkadang aku menemukan Batu yang bisa membuatku Terjatuh, Lubang besar yang bisa menjebloskan ku dan tembok-tembok yang tak bisa kulangkahi. Hal-hal inilah yang mungkin akan mendewasakan dan memperbesar jarak langkah ku agar menyamai mereka yang memiliki langkah yang besar.

Saat memikirkan langkah-langkah yang dimiliki setiap orang, aku sadar Tuhan selalu memiliki rencana untuk setiap langkah yang kita ambil. Mungkin ada rasa kecewa, pengkhianatan, putus asa, musibah dan masih banyak lagi hal yang mungkin membuat kita menjadi langkah tak bertuan. Bahkan aku pun pernah merasakannya menjadi langkah tak bertuan, saat itu aku benar-benar tak tau harus melakukan apa seperti masuk kedalam sumur tua yang dalam, aku hanya mengharapkan tangan seseorang datang mengangkatku keatas untuk keluar dari sumur tua tersebut.

Mungkin orang yang memiliki langkah besar adalah orang-orang yang dahulu melangkah dengan langkah kecil, bahkan mungkin mereka adalah langkah tak bertuan.  Dan mungkin saja para pemilik langkah tak bertuan adalah orang-orang yang dahulunya memiliki langkah besar. Seperti itulah dunia, jika memikirkan ini maka  aku berpikir bahwa “Setiap langkah merupakan proses unik dari setiap orang, tidak peduli dia memulai dengan langkah seperti apa itu, selalu ada harapan dari setiap langkah yang kita ambil. Tidak ada langkah yang tidak sulit, hanya bagaimana cara kita menikmati setiap kali kita melangkah, baik itu dengan langkah kecil, langkah besar dan saat kita menjadi langkah tak bertuan karena tak ada langkah yang sempurna. Jadi nikmatilah langkah-langkah itu, mereka juga bagian dari dirimu,”.

Fyi : ini bukan aku


Jakarta, 21 Desember 2017

 

 

Advertisements

14 thoughts on “Langkah-langkah

  1. Super syekaliiiii 😁 kak. Kalau aku sih lebih suka melompat. Yah walaupun gitu harus belajar mulai dari langkah kecil dulu. Keren lah pokok e maknyus

    Liked by 1 person

    1. makasih ka,
      melompat mungkin salah satu cara dalam melangkah. Semoga Karto terus melangkah

      Like

      1. Kok #Karto doang yang di doain. #Pepen dan #Iwank gimana nasibnya ?

        Like

      2. Sayakan penggemar karto ka tinta.

        Liked by 1 person

  2. Saya juga ngerasa sebagai langkah kecil. Hhee

    Liked by 1 person

      1. Harus, biar gak keinjek. Hhee

        Liked by 1 person

  3. Melangkah kecil itu harus. Hehehe..

    Liked by 1 person

      1. Iya. Nyerong gpp meski ke depan. Begitu kata kiai. Hehehe

        Like

      2. Hehehe. Asal maju…

        Like

  4. Langkah langkah kecil selalu berarti di dalam kehidupan ini.

    Liked by 1 person

    1. Semua dimulai dari langkah kecil ya kak

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close